Minggu, 05 Februari 2012

Tepat Dalam Merawat Bayi yang Baru Lahir



img Butuh kesabaran dan ketelitian dalam perawatan bayi. Sebagai ibu muda terkadang kita kurang memahami dalam mengurus bayi, terutama bayi yang baru lahir.

Berikut ini beberapa tips merawat si kecil yang bisa Anda ikuti.

1. Pastikan tali pusat dan area sekelilingnyanya selalu kering dan bersih. Bersihkan pangkal tali pusat dengan kapas yang telah diberi alkohol. Tali pusat akan lepas dengan sendirinya sekitar seminggu sampai dua minggu.

2. setelah mandi pakaikan baby oil ke seluruh tubuh si kecil. Hal ini membuat kulit bayi tetap terjaga kelembabannya.

3. Bila bayi berkeringat, lap bagian tubuh yang berkeringat dengan tisu basah non alkohol. Anda bisa juga mengelapnya dengan handuk lembut yang telah dibasahi air hangat.

4. Mengatasi perut bayi yang kembung adalah dengan cara memposisikan bayi dalam keadaan tengkurap. Hal ini akan memancing si kecil buang angin. Jika banyak angin maka si kecil akan buang angin beberapa kali. Setelah itu perut bayi bisa diusapkan dengan minyak telon untuk menghangatkan dan menghilangkan kembung.

5. Bersihkan alat kelamin bayi dengan cara disabuni dengan sabun khusus bayi saat mandi, setelah itu bilas sampai bersih. Pastikan area genital bayi tetap bersih dan kering agar tidak terjadi iritasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar